fbpx

Ragam Kegiatan Pendukung Belajar Anak di Taman Baca

Anak-  anak  pada umumnya adalah orang yang sangat aktif, agresif, penuh pertanyaan, tanggap dan lincah. Mereka selalu mengulang kembali apa yang sudah dilihat, dan mampu menirukan gaya orang lain. Tidak dapat dipungkiri, keaktifan mereka sering juga membuat mereka merasa cepat bosan ketika mereka sudah merasa puas apa yang mereka dapatkan. Menurut R.A. Kosnan anak- anak yaitu manusia muda dalam umur muda dalam jiwa dan perjalanan hidupmya karena muda terpengaruh untuk keadaan sekitarnya. Sumber: R.A.Kosnna, Susunan Pidana dalam Negera Sosialis Indonesia, (Bandung: Sumur,2005, hal 113). Dari penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa anak- anak perlu diperhatikan secara sungguh-sungguh.

#SobatInovator, sering sekali kita menemukan anak-anak ketika sedang asyik berbicara dengan kita, kadang atau bahkan sering ketika mereka berbicara kita harus dengan sabar mendengar semua apa yang mereka ucapkan meski itu tidak terlalu penting untuk  didengarkan, sampai bosan sekalipun kita akan tetap mendengarkan karena jiwa mereka memang seperti itu, bahkan kita harus memuji hal-hal kecil yang membuat mereka menjadi senang dan nyaman cara mereka belajar, kerja keras mereka kita puji dan sering sekali memberi hadiah. Kita sebagai pendengar yang baik, menentukan kelanjutan dan kenyamanan anak tersebut karena mereka belum mampu untuk beradaptasi dengan siapapun.

Dalam hal belajar juga mereka sangat aktif, antusiasnya luar biasa, selalu dipenuhi dengan rasa penasaran sehingga mereka selalu melontarkan berbagai pertanyaan-pertanyaan.  Namun, kadang kala mereka merasa bosan, menyerah, dan lain sebagai yang menjadikan alasan mereka untuk tidak melanjutkan  belajarnya, dan itu hal wajar untuk anak-anak, dan kita memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk beristrahat.

Nah, #SobatInovator, kira-kira bagaimana mengatasi hal tersebut? apa kita harus membiarkan semau waktu mereka? dan apakah waktu akan terlewati dengan begitu saja?. Bagaimana cara kita untuk meminimalisir hal tersebut?

Taman Baca Inovator Louis Pasteur salah satu Taman Baca yang ada di Tapanuli Utara, selalu miliki solusi dalam mengatasi hal seperti ini, caranya juga sederhana tetapi memiliki dampak positif bagi guru pengajar terutama bagi anak-anak itu sendiri. Salah satu yang dilakukan adalah anak- anak diajak untuk datang ke Taman Baca untuk membaca, disini guru memberi kesempatan kepada anak- anak membaca buku apapun yang ingin dibaca, setelah mereka mulai bosan membaca, dilakukan kegiatan selanjutnya misalnya seperti menggambar  dan lain sebagainya, hari berikutnya akan seperti itu kegiatannya, kadang ditambahkan untuk anak- anak bernyanyi, berpantun dan membuat kerajinan dari bahan-bahan bekas, menonton bersama agar termotivasi dengan fim yang sedang dipertontonkan. Memberi hadiah kecil-kecil seperti kue, permen, minuman gelas dan lain sebagainya.

Sediakan juga untuk hadiah bagi anak-anak yang sering hadir, yang aktif sehingga kegiatan anak-anak dalam satu minggu bervariasi tidak membosankan, dan juga anak-anak yang datang tidak jenuh. Tidak ketinggalan selalu mengikuti kegiatan virtual zoom bersama anak – anak sebagai salah satu bentuk cara yang dilakukan oleh Taman Baca Inovator Louis Pasteur. Selain dapat ilmu, pengalaman, kreativitas juga didapatkan sekaligus. Mengadakan kebersihan bersama, anak – anak dilibatkan, sambil menjelaskan bahwa kebersihan itu sangat penting karena kebersihan itu sebagian dari iman, tidak lupa  mengundang anak – anak Sekolah Menengah Pertama membantu adik-adik untuk membaca dan melakukan kegiatan kerajinan. Ide- ide kreatif selalu dipakai oleh guru Taman Baca Inovator Louis Pasteur guna menunjang proses belajar anak – anak agar lebih bervariasi, yang pada intinya tetap kembali dengan visi utama untuk membaca dan menulis.

Oivia Siallagan

Taman Baca Inovator

About Taman Baca Inovator