Peresmian TBI di wilayah Kupang dan Flores - Taman Baca Inovator

Cerita Peresmian TBI Ernest Swinton dan TBI Benjamin Holt

#SobatInovator, pada tanggal 20 September 2021, Taman Baca Inovator yang ke 46 di wilayah Kupang telah diresmikan. Dengan adanya Taman Baca di wilayah Nusa Tenggara Timur sangat membawa perubahan padaΒ  anak-anak di NTT. Yayasan Taman Baca Inovator bekerja sama dengan Yayasan Hati Gembira Indonesia. Taman Baca Inovator yang ke 46 berada di SD Negeri Sanpak, Desa Benu, Kecamatan. Takari, Kabupaten Kupang, Pada saat peresmian TBI juga di hadiri oleh Kepala Sekolah dan Guru-guru SDN Sanpak, Ketua komite SDN Sanpak, perwakilan orang tua siswa SDN Sanpak. Pada saat tim TBI dan HHI Β tiba di SDN Sanpak di sambut dengan tarian adat timor, beberapa anak menggunakan pakaian adat timor.

Β #SobatInovator, kak Merlin juga mau berbagi cerita menarik perjalanan dari kota Kupang menuju SDN Sanpak yang berada di Desa Benu, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan dari penginapan menuju lokasi TBI Ernest Swington kurang lebih 2 jam perjalanan, kondisi jalan yang dilewati rusak, bebatuan dan juga lokasi TBI Ernest Swington berada disekitar sungai, kami harus melewati genangan air, tumpukan pasir dan tumpukan batu kerikil, beberapa truk proyek sedang melintas di jalur yang kami lewati. Pada saat kami tiba di TBI Ernest Swington, rasa lelah kami terbayar ketika acara penyambutan tim TBI dan HHI sangat meriah. Beberapa anak menggunakan pakaian adat timor, sarung, kain dan juga topi khas timor, senyuman penuh kebahagiaan anak-anak TBI Ernest Swington. Tidak ada rasa lelah ketika melihat anak-anak TBI Ernest Swington dengan penuh semangat menyambut kedatangan tim TBI dan HHI. Dengan bertambahnya Taman Baca Inovator di Kupang, Nusa Tenggara Timur, khususnya SDN Sanpak, semoga anak-anak SDN Sanpak gemar membaca dan bisa menjadi anak-anak yang hebat yang dapat membawa perubahan di daerah mereka.

Penyambutan oleh anak-anak TBI Ernest Swington menggunakan pakaian adat timor, sarung, kain dan juga topi khas timor

#SobatInovator, setelah meresmikan taman baca di Kupang, kak Merlin juga menghadiri peresmian Taman Baca Inovator yang ke 47 di Manggarai Barat. Peresmian Taman Baca Inovator di Manggarai Barat juga sangat meriah, di sambut dengan tarian adat Manggarai yaitu Tarian Kopi, Tarian Kopi merupakan tarian dari Manggarai yang sering di bawakan untuk penyambutan tamu undangan sebagai bentuk penghargaan, sekitar 12 anak lengkap dengan pakaian adat manggarai sudah siap menari di depan tamu undangan.

Acara pemotongan pita peresmian TBI Benjamin Holt oleh Tim Yayasan Taman Baca Inovator dan Stakeholder setempat
Upacara adat penerimaan tamu oleh pihak sekolah SDN Bambor kepada Tim Yayasan Taman Baca Inovator

Nah #SobatInovator, selain Tarian Kopi, di Manggarai Barat juga mempunyai tradisi yang unik dalam penyambutan tamu. Pada saat tamu undangan sudah memasuki ruangan, 4 orang tetua adat duduk berhadapan dengan para undangan yang hadir, tetua adat memberikan 1 ekor ayam kampung yang putih dan bersih dalam kondisi masih hidup, Ayam tersebut sebagai tanda ketulusan masyarakat bambor menerima kedatangan tamu undangan yang berkunjung di SDN Bambor. Selain penyambutan yang sangat meriah, Antusias stakeholder dalam mengikuti rangkaian peresmian taman baca juga sangat luar biasa. Pengawas TK-SD, Kabupaten Manggarai Barat, Penjabat Kepala Desa, Ketua Komite dan perwakilan orang tua siswa yang hadir sangat mendukung program kegiatan taman baca inovator. Pengawas TK-SD Kabupaten Manggarai Barat, menyampaikan pesan kepada anak-anak TBI Benjamin Holt, SDN Bambor agar dapat membawa perubahan di daerah mereka. Semoga dengan bertambahnya Taman Baca Inovator di wilayah Kupang dan Flores, anak-anak NTT dapat membawa suatu perubahan baru di daerah mereka. #SobatInovator, demikian cerita tim TBI mengikuti peresmian taman baca wilayah Kupang dan Flores, Nusa Tenggara Timur.

Salam literasi, AYO MEMBACA

Merlindayani R Paleti

Taman Baca Inovator

About Taman Baca Inovator