Taman Baca Inovator dan Komunitas Youth Proactive adakan Workshop “ Integrity Goes To You”

Taman Baca Inovator dan Komunitas Youth Proactive adakan Workshop “ Integrity Goes To You”

Taman Baca Inovator dan Komunitas Youth Proactive adakan Workshop “ Integrity Goes To You”


Sejak adanya Taman Baca Inovator Thomas Alva Edison di desa Tanjung Burung,  komunitas Remaja Tabur Mangrove (RTM) termasuk sebagai tim penggerak berjalannya kegiatan disana. Sudah tiga tahun lamanya Taman Baca Inovator berdiri disana. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh RTM adalah gelaran buku bersama anak-anak TBI dibeberapa titik disekitar desa Tanjung Burung.

Komunitas RTM sendiri terdiri dari beberapa orang remaja, yang juga memiliki fokus terhadap budidaya tanaman mangrove. Literasi dan Lestari, seperti itulah visi yang selalu mereka gaungkan. Makna dari literasi dan lestari bagi mereka adalah semangat besar untuk menjaga lingkungan melalui budidaya mangrove dan menumbuhkan minat baca dengan mengelola Taman Baca Inovator dan gelaran buku.

Seperti visi Taman Baca Inovator, selain membangun taman baca kami juga melakukan pendampingan kepada tokoh lokal yang akan mengelola keberlanjutan taman baca. Kali ini, pendampingan yang kami lakukan adalah memberikan workshop “ Integrity Goes To You” kepada komunitas RTM. Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi bersama komunitas Youth Proactive Jakarta.

Dalam workshop ini materi yang dibawakan oleh tim Youth Proactive cukup relevan dengan anak muda. Materinya membahas tentang edukasi dan integritas untuk untuk melawan korupsi disekitar kita. Dimulai dari diri sendiri untuk berperilaku jujur, lalu menerapkan dalam komunitas bahkan di desa mereka. Sehingga nantinya dapat diterapkan secara sederhana kepada anak-anak di taman baca.

32

Sekitar 12 orang dari RTM mengikuti workshop pada hari Minggu 23 September 2018 kemarin. Ada juga 4 Orang dari Tim Youth Proactive yaitu kak Rukita, Jali, Sofi dan Ayoh.  Saya dan Ira dari Tim TBI Pusat ikut mendampingi berjalannya kegiatan. Betapa senangnya tim Youth Proactive yang mengisi materi, mereka berkata bahwa untuk tingkat desa kegiatan seperti ini sudah sangat baik. Ada remaja yang tergabung sesuai minat sangat perlu untuk kemajuan suatu desa. Respon positif dari komunitas RTM adalah “Kami senang jika ada hal-hal baru untuk menambah ilmu kami kak, seperti itu kata Ifah” sekretaris komunitas RTM.

Harapan kami dengan adanya kegiatan ini komunitas RTM semakin kompak dan siap dalam mengelola keberlanjutan TBI, bisa mengembangkan diri dan menambah ilmu melalui materi yang dibawakan. Kerjasama dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk keberlanjutan komunitas seperti ini.   Ayo bekerjasama untuk kebaikan ! (Evlina Karlina)